Peringatan Hari Bumi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).
Sumber :
  • tim tvOne/Aditya Tri Wahyudi

Hari Bumi, Ratusan Petani di Pangandaran dapat Bibit dan Pupuk Gratis

Jumat, 22 April 2022 - 18:42 WIB

Pangandaran, Jawa Barat. Dalam peringatan Hari Bumi, ratusan petani di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mendapatkan benih padi unggulan jenis Bunda Roro dan pupuknya. Petani dan koperasi Multidaya Nusantara 3 pada Jumat (22/4/2022) langsung menanam benih padi di lahan seluas 10 hektare.

Menurut ketua koperasi Multidaya Nusantara, RI Wiratmoko atau Gus Robi, pihaknya memiliki program kedaulatan pangan dengan gerakan ekonomi desa dan menyasar petani.

"Bibit unggulan Bunda Roro ini merupakan solusi bagi petani yang tidak dijual bebas tapi kami bekerjasama dengan petani di seluruh Indonesia, hasilnya bisa dua kali lipat dari bibit lain dengan lahan yang tidak perlu luas dan kualitas beras yang dihasilkan sangat berkualitas," ucap Gus Robi kepada tvOnenews.com, Jumat.

Gus Robi menambahkan, di wilayah Desa Maruyungsari ini bisa menghasilkan 6 ton per hektarenya dan dengan menggunakan bibit unggulan Bunda Roro, bisa menghasilkan 10 hingga 12 ton per hektare.

Petani diberi bibit unggulan dan pupuk ini secara Demonstrasi Plot (Demplot). 

Demplot atau Demontration Plot adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan tujuan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan dan bagi hasil panen.

Pembagian hasil nantinya akan dilakukan setelah panen yakni 67 persen untuk pemilik lahan, 3 persen untuk pemerintah desa, 15 persen koperasi, 10 persen untuk investor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral