Antisipasi Wabah PMK, Petugas Gabungan Cek Kesehatan Ternak Sapi di Kabupaten Kuningan..
Sumber :
  • tim tvOne - Azizi Erfan

Antisipasi Wabah PMK, Petugas Gabungan Cek Kesehatan Ternak Sapi di Kabupaten Kuningan

Jumat, 13 Mei 2022 - 14:07 WIB

Kuningan, Jawa Barat - Sejumlah petugas gabungan dari Polri serta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, melakukan sidak pemeriksaan kesehatan ternak sapi guna mengantisipasi adanya wabah PMK terhadap hewan ternak. 

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan sapi mulai dari mulut, hidung dan kaki milik peternak sapi di Desa Cileley Cigugur, Kabupaten Kuningan. Selain pemeriksaan hewan sapi, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi. 

Salah satu pertenak sapi, Ero mengaku, merasa khawatir dengan adanya penyakit mata dan kuku yang terjadi saat ini, bahkan berdampak pada penjualan sapinya yang menurun drastis. 

"Saat ini penjualan sapi menurun mas, para pembeli pada khawatir dengan penyakit mata dan kuku pada ternak," ujar Eko, Jumat (13/5/2022). 

Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan Kabupaten Kuningan, Jhon Nais mengatakan, ia meminta kepada peternak untuk sementara waktu melakukan karantina selama empat belas hari karena ada ada empat ekor sapi baru dari wilayah lain. 

"Untuk para pemilik ternak agar tetap waspada dan menjaga kebersihan kandangnya," kata Jhon Nais, saat di temui di lokasi. 

Rencananya, petugas gabungan Kepolisian serta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan akan terus melakukan sidak kepada para peternak sapi di wilayah Kuningan.(esn/mg1/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral