Perahu rusak akibat terkena gelombang tinggi yang terjadi di Pantai Minajaya RT 10/15, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (24/5/2022)..
Sumber :
  • tim tvOne - Rizky Agustana

Puluhan Perahu Rusak Akibat Gelombang Tinggi di Pantai Minajaya Sukabumi

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:31 WIB

Sukabumi, Jawa Barat -  Sedikitnya 71 perahu hilang dan rusak akibat terkena gelombang tinggi yang terjadi di Pantai Minajaya RT 10/15, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (24/5/2022). Beberapa perahu mengalami kerusakan yang serius karena bertabrakan dengan perahu lain akibat gelombang tersebut. 

Camat Surade, Chaerul Ichwan mengatakan, bahwa berdasarkan keterangan warga kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04.15 WIB, dimana saat itu salah satu warga Yayat (58) mendengar suara gemuruh ombak yang dahsyat. 

"Pak Yayat sedang berada di depan rumahnya dan berencana akan melaksanakan salat subuh ke masjid, kemudian melihat ke arah tepi pesisir pantai yang terdengar suara gemuruh ombak setelah itu tiba-tiba melihat segerombolan nelayan pulang dengan tiba-tiba," kata Ichwan.

Lanjut Ichwan, setelah melihat kejadian tersebut saksi berlari menuju ke rumah tetangga yang ada di sekitar, lalu memberikan kabar bahwa adanya bencana arus air laut dengan gelombang tinggi, yang mengakibatkan sebagian armada perahu rusak berat dan rusak ringan.

"Melihat kejadian tersebut, sekitar pukul 05.00 WIB masyarakat dan warga yang ada di wilayah tersebut keluar dan berkumpul untuk membantu dan mengevakuasi korban dengan alat seadanya," tambah Ichwan. 

Ichwan juga menerangkan, bahwa pada sebelum kejadian, keadaan wilayah di Pantai Minajaya dari sore hingga pukul 04.00 WIB dini hari, cuacanya hujan ringan.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, saat ini warga sedang menghitung jumlah perahu yang hilang dan rusak. Sebagian juga membantu evakuasi perahu-perahu yang mengalami kerusakan," pungkasnya.(raa/mg1/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral