Air laut di Indramayu menjadi hijau.
Sumber :
  • Opih Riharjo/tvOne

Air Laut Indramayu Mendadak Jadi Berwarna Hijau, Kok Bisa?

Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:33 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Pengelola wisata Pantai Balongan Indah yang berada di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu masih berjaga-jaga. Pasalnya, mereka harus mendeteksi fenomena tak wajar yang terjadi pada Kamis kemarin (16/7/2022).

Saat itu, air laut di area objek wisata mendadak berubah warna menjadi kehijauan. Bahkan, air di tepi pantai wisata sampai berbusa.

Pengelola Pantai Akso Darmawangsa menjelaskan air yang berwarna hijau itu menimbulkan bau amis yang cukup menyengat. Pengelola khawatir, fenomena tersebut akan mengganggu aktivitas pengunjung dan berbahaya bagi warga sekitar.

"Saya dapat laporan dari teman-teman air pantai ini berubah jadi hijau dan banyak buihnya. Baunya juga sangat amis dan anyir. Jadi sangat mengganggu penciuman para pengunjung," keluh Akso, Sabtu (18/6/2022).

Belum diketahui secara pasti apa penyebab perubahan warna air laut tersebut. Namun, pihak pengelola akan mendeteksi dini. Jika kejadian berulang, pihaknya akan memberikan peringatan bagi pengunjung untuk berhenti berenang.

"Yang pasti kalau faktor alam ini tidak mungkin. Yang pasti ada faktor X yang memang ditimbulkan entah dari limbah apa. Informasinya belum jelas limbah ini dari mana," katanya.

Saat ini, pihak pengelola sudah mengambil sampel air untuk dilakukan uji laboratorium agar mengetahui pasti penyebab fenomena tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral