Kerap banjir warga gotong royong bangun drainase.
Sumber :
  • tvOne

Kerap Banjir, Warga Gotong Royong Bangun Drainase Sepanjang 2,5 Kilometer

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:40 WIB

Bekasi, - Kerap digenangi air saat musim hujan lantaran tidak adanya saluran pembuangan, warga dan pemerintah desa bergotong royong membangun drainase darurat di Jalan Raya Segara Makmur, Desa Segara Makmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Selasa (12/7/2022). Tak hanya banjir, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Segara Makmur Abdillah mengatakan genangan di jalur tersebut kerap membahayakan keselamatan pengguna jalan.
 
Pembangunan drainase darurat sepanjang 2,5 kilometer tersebut menggunakan alat berat yang disewa swadaya. "Dengan alat berat tadi untuk daruratnya yaitu kita gunakan salah satunya membuat drainase sementara, sambil menunggu adanya pembangunan drainase oleh Pemkab Bekasi," jelas Abdillah, Selasa (12/7/2022).
 
Tak hanya itu, warga dan perangkat desa juga membersihkan beberapa titik-titik sampah yang kebanyakan dibuang sengaja oleh warga yang melintas. Ini dilakukan agar tidak ada lagi tumpukan sampah di sepanjang Jalan Raya Segara Makmur yang membentang dari perbatasan wilayah Jakarta Utara hingga ke Gerbang Tol Tarumajaya.
 
Langkah membuat saluran drainase ini, diapresiasi Muhamad Nur, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Segara Makmur. Demikian juga dengan aksi pengangkatan sampah dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih serta antisipasi terjadi banjir. "Dan yang terpenting adalah ini bagian dari edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di jalan," ungkapnya.(sdo/toz)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:25
01:03
09:21
10:37
01:40
08:51
Viral