16 ekor sapi bantuan kementan berada di kandang Pak Andang di Tanjungkerta.
Sumber :
  • tim tvOne - Lutfi Setia Rafsanjani

Belum Jelas Motif Ormas Di Sumedang Rampas Belasan Sapi Bantuan Kementan, Kini 16 Ekor Sapi Ternyata Dititip di Kandang Milik Pak Andang

Kamis, 14 Juli 2022 - 13:45 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - 16 ekor sapi bantuan Kementerian Pertanian ke Kelompok Tani Ternak Maju Jaya 2, di Dusun Cilopang Girang, Desa Cilopang, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang yang sempat heboh karena diduga dirampas oleh kelompok Organisasi Masyarakat (Ormas), ternyata berada di salah satu kandang peternak di kawasan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pemilik kandang, Andang mengaku hanya dititipkan oleh pihak Ormas untuk mengurus sapi-sapi tersebut. Ia sama sekali tidak mengetahui alasan terkait pemindahan 16 ekor sapi bantuan dari Kementan tersebut.

"Kondisinya dalam keadaan sehat, meski sebelumnya ada 1 ekor yang sakit tetapi sudah ditangani," kata Andang.

Sapi-sapi yang dititipkan, kata Andang, diantar menggunakan 2 unit truk sekitar pukul 00.00 WIB malam, oleh 6 orang dari Ormas Barisan Olot Masyarakat Adat (BOMA) pada tanggal 29 Juni 2022 beberapa hari sebelum Idul Adha. Sementara selama pemeliharaan ada perjanjian dengan sistem bagi hasil.

"Nitip yang nantinya bagi hasil. Punya anak nanti dibagi hasil, itu perjanjiannya," ucapnya.

Sementara itu, Kasie Humas Polres Sumedang, AKP Dedi Juhana mengatakan, berdasarkan informasi sementara yang didapat di lapangan, sapi-sapi tersebut dialihkan ke kandang di wilayah Tanjungjerta.

"Yang sebenarnya itu pengalihan, dari yang awalnya di Kelompok Tani Maju Jaya 2 Desa Cilopang yang diketuai saudara Jojo, dialihkan ke wilayah Tanjungkerta," kata Dedi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral