Siswa PAUD tengah mengikuti salah satu kegiatan manasik haji didampingi guru dan orang tua.
Sumber :
  • tim tvOne - Aditya Tri Wahyudi

Labbaik Allah Humma Labaik... Ribuan Murid PAUD Se-Banjar Ikuti Prosesi Manasik Haji

Selasa, 11 Oktober 2022 - 13:24 WIB

Banjar, Jawa Barat - Ribuan murid dari seluruh sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti manasik haji massal yang digelar selama dua hari sejak kemarin hingga Selasa (11/10/2022) di lapangan Bakti, Kota Banjar. Kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan kepada siswa rukun islam yang kelima dan bagaimana tata cara pelaksanaa prosesi ibadah haji.

Berbagai upaya dilakukan oleh orang tua dan guru untuk menanamkan pendidikan agama sejak dini, salah satunya adalah mengikuti kegiatan manasik haji. Sejak pagi ribuan siswa PAUD ini terlihat antusias mengikuti kegiatan manasik haji. Meski cuaca panas para peserta bersemangat mengikuti satu per-satu kegiatan manasik haji.

Proses manasik haji yang digelar, dilakukan secara berkelompok atau kloter persis seperti ibadah haji sungguhan. Orangtua yang mengantar pun turut mengenakan baju ihram seperti pelaksanaan ibadah umroh dan haji.

Rangkain manasik haji dimulai dengan niat haji dan seluruh siswa mengumandakan niat yang dipimpin oleh pemandu manasik haji. Siswa kemudian melakukan seluruh prosesi ibadah haji dengan lengkap mulai wukuf di padang arafah, mabit di Muzdalifah, lempar jumroh, tawaf  hingga sai di bukit Safa dan Sarwa.

Dinas Pendidikan Kota Banjar bersama Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) berencana akan menggelar manasik haji bagi anak-anak ini secara berkelanjutan. Diharapkan kegiatan pendidikan agama berupa manasik haji ini bisa menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan siswa PAUD.  

"Pendidikan agama sejak usia dini sangat penting dilakukan agar nantinya keimanan anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentunya itu juga perlu bimbingan orang tua dan guru," ucap Suprijadi, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kota Banjar kepada tvonenews.com.

Orang tua siswa mengaku sangat senang dan menyambut baik kegiatan manasik haji ini. Mereka berharap keimanan anak bisa tumbuh kembang dengan maksimal. Meski terasa lelah saat mendampingi anaknya, tetapi orang tua mengaku kegiatan manasik haji ini juga bermanfaat bagi orang tua.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral