Petugas evakuasi warga korban banjir di tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022)..
Sumber :
  • tim tvone/Denden Ahdani

Ratusan Rumah dan Akses Jalan di Tasikmalaya Terendam Banjir, Warga Terisolir Dievakuasi Pakai Perahu Karet

Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:06 WIB

Tasikmalaya, Jawa Barat - Sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) di Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya terdampak bencana banjir, Rabu (26/10/2022). Warga yang rumahnya terendam terpaksa harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Selain merendam ratusan rumah, banjir ini juga mengakibatkan jalan utama penghubung lima desa terendam setinggi kurang lebih 1,5 meter. Tak hanya itu, area persawahan yang luasnya kurang lebih 100 hektare juga ikut terendam.

Babinsa Desa Cikupa, Serka Mamat Rohimat mengatakan, hingga Rabu (26/10/2022) pagi, debit air banjir tak kunjung surut. Banjir pun menggenang akses jalan utama warga setinggi kurang lebih 1,5 meter. Diperkirakan banjir akan terus meluas, karena saat ini hujan masih mengguyur lokasi tersebut.

"Kondisi saat ini, dari sejak malam tadi air lumayan agak naik lagi. Kemungkinan ini akan merendam beberapa rumah jika kondisinya terus seperti ini. Ini ketinggian air sudah mencapai satu meter setengah dari permukaan jalan," kata Babinsa Desa Cikupa, Serka Mamat Rohimat.

Akibat kondisi jalan terendam, kata Mamat, banyak warga yang aktivitasnya terganggu, apalagi banjir terjadi pagi hari di mana merupakan waktu jam pelajar berangkat sekolah dan warga yang akan bekerja. 

"Ini sedang evakuasi warga, terutama warga yang akan beraktivitas, anak sekolah maupun yang mau bekerja. Kebetulan ini ada warga yang akan ke dokter untuk diperiksa. Terpaksa kami evakuasi pakai perahu karena tak ada akses jalan lain lagi," ucap Mamat.

Mamat menambahkan, bencana banjir ini diakibatkan oleh meluapnya sungai Cilangla yang tak mampu menampung air hujan. Pasalnya, sejak Selasa (25/10/2022) sore kemarin, hujan deras terus mengguyur lokasi tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral