Peringatan BMKG gelombang tinggi di perairan utara Semarang Laut Jawa..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Peringatan Dini, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Utara dan 6 Meter di Selatan Jawa Tengah

Selasa, 28 Februari 2023 - 09:53 WIB

Semarang, Jawa Tengah - BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas Semarang merilis data prakiraan gelombang laut di Laut Jawa wilayah Jawa Tengah hari ini, Selasa 28 Februari 2023. 

Dari hasil pengamatan kondisi cuaca, Laut Jawa di perairan bagian utara Jawa Tengah potensi gelombang tinggi bisa mencapai 4 meter. Sementara BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap merilis data prakiraan gelombang laut di pantai selatan Jawa Tengah hari ini bisa mencapai 6 meter.

Data dari BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara bergerak dominan dari arah timur laut - timur yang berada pada kecepatan antara 5 - 25 knots. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari arah barat barat laut, dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knots. 

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Mas Semarang menginformasikan bahwa potensi gelombang tinggi di sebagian perairan utara Jawa Tengah bisa mencapai 2 5 hingga 4 meter. Yaitu di perairan Semarang - Demak, Pekalongan - Kendal, dan Karimunjawa.

Sedangkan yang berpotensi mengalami gelombang antara 1.25 hingga 2.5 meter. Yaitu perairan Brebes - Pemalang, Jepara, Pati - Rembang, serta Laut Jawa di perairan Kalimantan Tengah bagian barat.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan dan beraktifitas di pesisir di sekitar area yang berpeluang tinggi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian peringatan dari BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Mas Semarang, Selasa (28/2/2023).

Sementara dari data BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, potensi gelombang sangat tinggi hingga 6 meter bisa terjadi di perairan selatan Cilacap,Purworejo, Kebumen, Yogyakarta, dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral