Atap warung milik warga yang rata dengan tanah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Purnomo

Angin Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah Warga di Temanggung

Jumat, 17 Maret 2023 - 22:16 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Puluhan rumah warga di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah rusak berat akibat diterjang angin puting beliung, pada Jumat (17/3/2023) petang. Akibat bencana ini, kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai angka puluhan juta rupiah.

Dari video yang diabadikan warga pasca terjadi puting beliung, terlihat atap bangunan rumah menimpa mushola dan tersangkut kabel listrik karena terbawa angin. Warga dibantu petugas dari BPBD setempat bergotong royong melakukan evakuasi puing-puing rumah yang rusak dan berserakan.

Seperti di Desa Gilingsari, Kecamatan Temanggung, terdapat lima rumah, satu mushola dan satu tempat usaha rusak parah karena atap terbawa angin.

Petugas masih melakukan pendataan, dari data sementara, tercatat 25 rumah di tiga kecamatan terdampak angin puting beliung mengalami kerusakan. Kecamatan Bulu terdapat 2 titik, Kecamatan Kandangan 3 titik dan Kecamatan Temanggung sebanyak 1 titik.

"Peristiwa itu terjadi saat hujan deras dan disertai angin kencang pada Jumat sore. Angin tersebut mengangkat atap rumah warga dan terbawa sejauh kurang lebih 300 meter dan menimpa bangunan mushola dan kabel listrik. Selain itu, puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon. Kerusakan didominasi pada bagian atap". Kata, Priyo Harjanto, Kasi Dalops BPBD Temanggung.

Hingga jumat petang, warga dibantu dengan petugas dari BPBD setempat masih melakukan pembersihan material rumah yang berserakan. Tidak ada korban atas kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Para korban berharap kepada pemerintah Kabupaten Temanggung, memberikan bantuan untuk perbaikan rumah mereka yang rusak. (Pro/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral