Jemaah calon haji kloter 1 saat tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali atau Embarkasi Solo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Jaga Kesehatan, Jemaah Calon Haji Lansia Ini Rutin Minum Jamu Tradisional

Selasa, 23 Mei 2023 - 10:58 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Suasana ceria tersirat di wajah Suwardi, salah satu jemaah calon haji ketika sudah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali atau Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Selasa (23/5/2023).

"Alhamdulillah senang sekali, bahagia tiba di sini (Embarkasi Solo) dan bisa berangkat haji. Mudah-mudahan pulang dari Tanah Suci nanti saya bisa jadi haji mabrur," ujar Suwardi asal Desa Deras, Kecamatan Kedungjati, Kecamatan Gerobogan saat ditemui tvOnenews.com di Embarkasi Solo, Selasa (23/5/2023).

Suwardi menuturkan di usianya yang telah menginjak 78 tahun sangat bersemangat menjalani ibadah haji tahun ini. Sebagai persiapan, ia pun rutin meminum jamu tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu juga berolahraga ringan.

"Saya sering minum jamu komplit (tradisional), misalnya jamu pegel linu dan lain-lain. Olahraga juga sering tapi yang ringan-ringan. Pokoknya semangat biar sehat. Saya berangkat sendiri," tuturnya.

Perasaan yang sama juga dirasakan jemaah lainnya, Kohirun asal Desa Ketitang, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Diusianya yang ke 60 tahun, ia pun bersemangat menjalani ibadah haji.

"Alhamdulillah bersyukur, senang sekali. Persiapannya ya menyemangati diri. Berangkat sendiri. Harapan diberi kesehatan keselamatan dan pulang dari Tanah Suci jadi haji mabrur," ujarnya.

Suwardi dan Kohirun merupakan jemaah calon haji lansia yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) 1. Di dalam kloter 1 ini total ada 360 jemaah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral