Muhkuyin, imam masjid saat di Masjid Al-Azhar Gondangan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Purnomo

Kisah Seorang Imam Masjid di Temanggung, Gagal Berangkat Haji karena Biaya Ibadah Haji Naik

Rabu, 24 Mei 2023 - 11:42 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Seorang imam masjid di Temanggung, Jawa Tengah, terpaksa harus gagal berangkat ibadah haji akibat dampak dari kenaikan biaya ibadah haji.

Muhkuyin dan istrinya belum mampu untuk melunasi biaya haji yang jumlah totalnya mencapai lima puluh juta rupiah.

Inilah Muhkuyin (61), seorang imam masjid asal Temanggung, merupakan salah satu calon jemaah haji yang merasakan dampak dari kenaikan biaya haji.

Ia dan istrinya, Mu'izah Hastati (48), tinggal di Dusun Gondangan, Desa Tawangsari, Kecamatan Tembarak, Temanggung, Jawa Tengah. Sehari-harinya, Muhkuyin bekerja sebagai seorang petani yang menggantungkan hidupnya dari hasil ladang pertanian tembakau dan cabai.

Setiap sorenya, Muhkuyin juga mencari rumput untuk dua ekor kambing yang ia pelihara, kambing tersebut dijadikan sebagai tabungan biaya sekolah untuk ketiga anaknya yang saat ini masih duduk di bangku SMP dan juga pesantren.

Sementara sang istri, Mu'izah Hastati, kesehariannya bekerja sebagai buruh, membuat kue bapao di tempat saudara iparnya.

Awalnya, Muhkuyin dan istri mendaftar sebagai calon jemaah haji pada tahun 2012, dan dijadwalkan berangkat pada tahun 2020, namun akibat adanya pandemi Covid-19, keberangkatan ibadah haji mereka terpaksa harus ditunda, dan dijadwalkan berangkat pada tahun 2023.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral