Ganjar Pranowo saat mengumpulkan kepala desa se-Jateng di GOR Jatidiri, Semarang, Senin (5/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Ganjar Pranowo Kumpulkan Kepala Desa Se-Jawa Tengah, Begini Isi Arahannya

Senin, 5 Juni 2023 - 20:49 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumpulkan seluruh kepala desa (Kades) se-Jateng di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/6/2023).

Dalam kegiatan ini, Ganjar memberi arahan terkait dua yakni masalah stunting dan penurunan kemiskinan.

Ganjar mengaku hal ini harus segera dituntaskan mengingat masa jabatannya menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah segera berakhir.

"Saya mau menyampaikan terimakasih karena saya dan Gus Yasin telah sampai pada waktu-waktu akhir jabatan hingga Bulan September. Maka masih ada PR (pekerjaan rumah) yang kita kerjakan, satu penurunan kemiskinan, dua stunting yang diprogramkan oleh pak presiden," ujar Ganjar usai acara sarasehan Kepala Desa se-Jawa Tengah.

Ganjar mengaku, pandemi Covid-19 juga membuat angka kemiskinan dan pengangguran naik di Jawa Tengah. Hal ini mengakibatkan target untuk menurunkan angka kemiskinan menjadi terhambat.

"Tidak dipungkiri akibat pandemi kemarin kemiskinannya naik, penganggurannya naik. Kan kita tidak hanya menyalahkan karena pandemi tapi kita harus berbuat sesuatu sesuai target yang mau kita capai. Beberapa target tidak akan tercapai karena kondisi itu tapi kita nggak boleh menyerah," katanya.

Selain kemiskinan dan stunting, Ganjar juga mendorong tata kelola keuangan yang tertib terutama di tingkat desa. Sebab, pemerintah telah menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah bagi pemerintahan desa.

"Teman-teman kades kita ajak untuk melakukan percepatan, sambil nanti kita melakukan ceking dan mengingatkan.  Pertama sudah sejak 2013 sampai sekarang saya menjadi gubernur ada 8 triliun lebih dana yang kita gelontorkan, tahun ini ada 1,7 triliun.

Kami ingin pengelolaannya satu governance, tidak dikorupsi, dua kualitasnya bagus tiga bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat," imbuhnya.(dcz/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral