Lomba Fashion Show bertajuk 'The Beauty Of Caping Kalo' digelar di Pendapa Kantor Bupati Kudus, Jawa Tengah, Jumat (14/7/23) malam. (Dok. Pemkab Kudus).
Sumber :
  • tim tvOne - Galih Manunggal

Lomba Fashion Show Caping Kalo Bangkitkan Histori Kebudayaan Kudus

Sabtu, 15 Juli 2023 - 16:37 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Sebanyak 19 peserta mengikuti Lomba Fashion Show bertajuk 'The Beauty Of Caping Kalo' yang digelar di Pendapa Kantor Bupati Kudus, Jawa Tengah, Jumat (14/7/23) malam.

Kegiatan tersebut merupakan upaya menggaungkan kembali tradisi kesenian budaya asli Kabupaten Kudus. Bupati Kudus, Hartopo mengatakan, kebudayaan Caping Kalo yang mulai luntur karena kemajuan zaman dapat terus dipertahankan sebagai ikon Kabupaten Kudus.

"Caping Kalo ini kebudayaan asli milik kita, maka di era kemajuan zaman ini jangan sampai terlupakan dan tergerus kebudayaan dari luar," pesannya ketika membuka Lomba Fashion Show 'The Beauty Of Caping Kalo' di Pendapa, Jumat (14/7) malam.

Bupati Hartopo sangat mendukung dan memberi apresiasi terhadap penyelenggaraan lomba fashion show hasil kerja sama dengan PT. Nojorono Tobacco International (NTI) ini. Pasalnya, kegiatan tersebut dianggap mampu membangkitkan histori kebudayaan yang perlahan mulai tergerus arus modernisasi.

"Acara fashion show Caping Kalo ini luar biasa. Terima kasih kepada semua pihak pendukung acara yang telah membangkitkan histori kebudayaan kita yang kebanyakan masyarakat tidak mengenal apa itu Caping Kalo," katanya.

Hartopo juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada generasi penerus yang masih membuat dan melestarikan caping kalo, yakni Kamto, warga Desa Gulang, Mejobo.

"Apresiasi atas upaya mempertahankan kebudayaan kita, semoga ada generasi lanjutan yang bisa meneruskan pembuatan Caping Kalo ini," harapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral