Kartini (kanan) berbincang dengan petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dukuhseti..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Pilu, Tinggal di Gubuk Anyaman Bambu Lansia Sebatang Kara di Pati Berjuang Melawan Penyakit Kanker

Kamis, 3 Agustus 2023 - 21:06 WIB

Pati, tvOnenews.com - Nasib malang dialami Kartini (63) di masa tuanya. Janda lansia warga RT 3 RW 7 Dukuh Purbo, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ini harus berjuang sendiri melawan kanker payudara akut yang dideritanya sejak dua tahun terakhir. 

Bertempat tinggal di sebuah gubug berdinding anyaman bambu berukuran 3x5 meter dan tinggi 1,5 meter, Kartini kini hidup sebatang kara setelah ditinggal suaminya karena meninggal dunia lima tahun yang lalu.

Ironisnya, karena tidak punya lahan milik pribadi untuk bermukim, ia terpaksa mengeluarkan uang sewa Rp 300 ribu per tahun di lahan milik tetangganya.

"Kalau sewa lahan tinggal dua bulan lagi. Tak tahu nanti mau tinggal dimana," ungkap Kartini, Kamis (3/8/2023).

Untuk bertahan hidup sehari-hari, Kartini hanya mengandalkan bantuan keponakan dan uluran tangan warga sekitar. Karena saat ini tidak mampu lagi bekerja sebagai asisten rumah tangga yang sebelumnya ia geluti. 

Kartini mengaku dua bulan terakhir baru mendapat bantuan beras dari Program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang disalurkan Bulog. 

"Terima kasih tadi ada relawan yang membantu memberikan kasur dan sembako. Kemarin juga dapat bantuan beras 10 kilo dua kali. Dulu juga sempat mendapatkan bantuan uang Rp 600 ribu dari kantor pos, tapi sudah enam bulan ini mandeg," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral