Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan membuka Muktamar Rifaiyah Ke-X, di GOR Indoor Abirawa, Kabupaten Batang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Mendag Zulkifli Hasan Janji Bantu 1000 UMKM Jamaah Rifaiyah Rp 20 Juta Per UMKM

Minggu, 24 September 2023 - 07:00 WIB

Batang, tvOnenews.com - Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan membuka Gelaran Muktamar Rifaiyah Ke-X. Selain mengagendakan pemilihan ketua umum, Menteri Perdagangan juga menjalin kerjasama dengan UMKM warung kelontong milik Jamaah Rifaiyah.

“Kami juga siap melatih jiwa kewirausahaan para santri dan jamaah Rifaiyah, dengan membuka warung, rencananya akan kami bantu 1.000 warung dengan nominal Rp20 juta untuk tiap warungnya,” kata Zulkifli Hasan, usai membuka Muktamar Rifaiyah Ke-X, di halaman GOR Indoor Abirawa, Kabupaten Batang, Sabtu (23/09/2023).

Zulkifli Hasan menyampaikan, kehadirannya di Kabupaten Batang mewakili Pemerintah Pusat sekaligus membuka Muktamar Rifaiyah Ke-X.

Ia mengapresiasi kontribusi dari KH. Ahmad Rifa'i sangat luar biasa baik di masa perjuangan hingga penyebarluasan ajarannya oleh para santrinya hingga ke luar Jawa bahkan meluas sampai ke Singapura dan Malaysia.  

Sementara itu, Ketua Umum PP Rifaiyah KH. Mukhlisin Muzarie mengatakan, untuk pengembangan ekonomi kerakyatan tentu membutuhkan kompetensi khusus, maka perlu ada pelatihan terlebih dahulu. 

“Para santri kami perlu dilatih dulu, kalau tidak dikhawatirkan modalnya bisa hilang. Kami utamakan santri-santri yang sudah punya jiwa kewirausahaan, khususnya yang sudah mengelola unit usaha kecil di pesantren maupun sekolah,” kata KH. Mukhlisin Muzarie.

Dalam kesempatan yang sama, Iskandar Rifa'i yang merupakan keturunan ke-4 dari KH. Ahmad Rifa'i yang berada di Kota Tondano Sulawesi Utara mengungkapkan, sebagai keturunan langsung memiliki kewajiban melestarikan dan merawat makam beliau. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral