Pengerukan sungai dan perbaikan drainase di Kota Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Jelang Musim Hujan, Pengerukan Sungai dan Drainase di Semarang Dikebut

Selasa, 24 Oktober 2023 - 12:38 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Musim hujan yang segera tiba kembali mengingatkan potensi banjir di Kota Semarang. Tahun lalu, banjir di ibukota Jawa Tengah tersebut sampai menggenangi fasilitas umum seperti stasiun kereta api dan jalan utama Pantura.

Belajar dari situ, Pemkot Semarang terus berupaya untuk mengantisipasi persoalan banjir yang kerap terjadi saat musim hujan. Antara lain dengan pembersihan sungai-sungai besar dari sedimentasi, pembangunan saluran air di beberapa daerah, serta upaya lainnya untuk memilimalisir dampak banjir di musim hujan.

Setidaknya sejak Juni 2023, Pemkot Semarang telah melakukan revitalisasi besar-besaran drainase pusat kota dan wilayah pinggiran.

"Upaya untuk mengatasi ancaman banjir memang menjadi salah satu fokus kami. Target kami, titik genangan di Kota Semarang bisa terkurangi, dengan banyaknya program pembangunan drainase yang kami laksanakan," jelas Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita di sela kegiatan dinasnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suwarto menambahkan, pihaknya mencari solusi penanganan banjir yang selama ini jadi persoalan tahunan, dengan berkoordinasi pada kementerian.

"Kami terus berupaya supaya tidak banjir, melakukan koordinasi dengan kementerian, dalam hal ini BBWS," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suwarto, Selasa (24/10/2023).

Ia menambahkan, selain melaksanakan proyek fisik revitalisasi delapan drainase besar, koordinasi mengantisipasi banjir juga dilakukan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral