Tanaman tembakau milik petani di Temanggung, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Purnomo

Buruh dan Petani Tembakau di Temanggung Tolak Pengesahan RPP Kesehatan Tentang Pertembakauan

Selasa, 21 November 2023 - 12:00 WIB

Temanggung, tvOnenews.com – Para petani dan buruh yang selama ini menggantungkan nasib dari sektor pertanian dan industri tembakau, mengaku siap memberikan perlawanan apabila pemerintah benar-benar menandatangani RPP Kesehatan terkait tembakau sebagai Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, Wisnu Brata.

Bukan tanpa alasan, kendati dalam RPP tembakau sendiri terdapat sekitar 1.000 pasal, akan tetapi beberapa di antaranya dianggap sangat memberatkan kalangan petani dan buruh industri.

Menurut Wisnu, RPP tersebut merupakan bentuk kekejaman pemerintah terhadap rakyatnya sendiri karena beberapa pasal yang terkandung di dalamnya justru memiliki indikasi atau kecenderungan penghilangan komoditas tembakau.

“RPP tembakau sudah lama dibahas oleh lintas kemeterian. Dari seribuan pasal yang dimuat di dalamnya, ada beberapa yang kami anggap sangat merugikan petani dan buruh yang berkecimpung dalam industri pertembakauan. Bahkan, bisa disebut ada upaya pelenyapan komoditas tembakau,” jelasnya Wisnu di Temanggung, Selasa (21/11/2023).

Wisnu menjelaskan, beberapa pasal yang dianggap merugikan antara lain adalah tentang aturan minimal kapasitas rokok dalam satu bungkus wadah adalah berjumlah 20 batang. Hingga beragam gambar peringatan tentang bahaya merokok meliputi 90 persen dari cover di masing-masing bungkusnya.

Pihaknya menyebut, jika kapasitas minimal rokok dalam satu bungkus adalah 20 batang, maka dapat dipastikan harga rokok akan semakin mahal, mencapai rata-rata Rp 50.000 per bungkusnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral