Negeri di Awan menjadi julukan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kabupaten Berjuluk Negeri di Awan Ini, UMKnya Terendah di Indonesia

Jumat, 1 Desember 2023 - 16:30 WIB

Banjarnegara, tvOnenews.com - Seluruh Pemerintah Provinsi di Indonesia telah mengumumkan upah minimum tahun 2024 di setiap kabupaten dan kota di wilayahnya.

Kota Bekasi menjadi daerah yang paling tinggi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang diberikan kepada pekerja atau buruh. Lalu daerah mana yang UMKnya paling terendah di Indonesia?.

Perlu diketahui, sebelum mengumumkan UMK, setiap pemerintah provinsi lebih dulu mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang menjadi acuan bagi pemerintah kabupaten/kota untuk menentukan UMK masing-masing.

Hasilnya, UMP 2024 di Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 2.036.947 menjadi yang paling rendah di seluruh Indonesia.

Setelah itu, pemerintah kabupaten/kota mengusulkan  UMK di daerah masing-masing, yang nilainya tidak boleh kurang dari angka UMP. Besarannya tiap kabupaten/kota menyesuaikan kondisi di wilayahnya.

Hasilnya, kabupaten dengan panorama indah yang satu ini menjadi menjadi daerah dengan UMK terendah di Jawa Tengah. Dan setelah dibandingkan dengan kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia, kabupaten yang dikenal dengan julukan negeri di awan tersebut, menjadi yang terendah dengan UMK Rp 2.038.505.

Mau tahu daerah mana itu?

Daerah dengan panorama indah dan punya kawasan wisata berjuluk negeri di awan itu adalah Kabupaten Banjarnegara. Ya, tetangga Kabupaten Wonosobo tersebut punya kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang sangat indah.

Memang sebagian wilayah Dieng itu berada di Banjarnegara dan sebagian berada di wilayah Wonosobo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral