Lahan tanaman bawang merah di dua kecamatan di Brebes terancam gagal panen akibat kekeringan..
Sumber :
  • tim tvOne - Tri Handoko

150 Hektar Tanaman Bawang Merah di Dua Kecamatan di Brebes Terancam Gagal Panen

Senin, 18 Desember 2023 - 00:24 WIB

Brebes, tvOnenews.com - 150 hektar lebih lahan yang ditanami bawang merah di wilayah Kecamatan Tanjung dan Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah terancam gagal panen.

Meski sudah memasuki musim penghujan, namun semenjak penanaman bawang merah dilakukan, petani mengaku masih kesulitan mendapatkan pasokan air untuk mengairi lahan pertaniannya.

Mashudi (40), salah seorang petani bawang merah asal Desa Rungkang Kecamatan Losari mengatakan, saat ini, kondisi bawang merah di wilayahnya sangat memprihatinkan.

Setelah dilakukan penanaman, hingga saat ini, para petani hanya mengandalkan air hujan karena aliran air dari irigasi tidak ada.

"Selain tanaman bawang merah yang terancam gagal panen, ada juga tanaman persemaian padi yang mulai mengering," kata Mashudi, Minggu (17/12/23) siang.

Sementara itu, petani bawang merah lainnya, Usman (49) warga Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung menambahkan bahwa banyak lahan pertanian di desanya yang masih memasuki proses penanaman, dari mulai tanaman  bawang merah, persemaian padi maupun palawija.

"Ada 85 persen lahan persawahan di desa saya yang lagi ditanam, dari bawang merah, padi hingga palawija. Tapi, kami tak bisa apa-apa, hanya pasrah karena pasokan air dari Bendung Cibendung mengering, tidak ada air," jelas Usman. (Tri/Ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral