Petugas PLN disiagakan di depan Gereja Blenduk Kota Lama Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

PLN Siagakan 4.085 Personel Amankan Listrik untuk Nataru di Jateng-DIY

Sabtu, 23 Desember 2023 - 10:55 WIB

Semarang, tvOnenews.com - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, menerjunkan sebanyak 4.085 personel selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru), hingga 8 Januari 2023 mendatang. Ribuan personel tersebut ditempatkan pada 34 posko siaga dan 82 Unit Layanan Pelanggan (ULP) maupun Distribution Control Centre (DCC) di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Selain itu juga ada 14 tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan jumlah 102 personel yang tersebar di setiap posko.

Hal itu untuk memastikan keandalan pasokan listrik di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta tetap aman dan terjaga keandalannya selama perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, M. Soffin Hadi mengungkapkan, sistem kelistrikan di wilayah Jawa Tengah dan DIY pada saat ini dalam kondisi aman. Kelistrikan Jawa Tengah dan DIY didukung dengan 6 subsistem dengan total pasokan sebesar 7.184 MW, sedangkan beban puncak sebesar 5.108 MW sehingga masih ada cadangan daya 2.076 MW.

"Prioritas pengamanan kelistrikan selama Nataru akan dilakukan pada beberapa titik lokasi penting untuk memastikan masyarakat dapat beribadah dan beraktifitas dengan nyaman. Seperti gereja, tempat pelayanan publik meliputi stasiun, terminal, bandara, kantor pemerintahan yang terkait dengan pelayanan publik," jelas Soffin di Semarang, Sabtu (23/12/2023).

Ia menambahkan, tak kurang dari 133 lokasi tempat ibadah gereja, 144 lokasi instansi pemerintah seperti pemkot, pemkab, polres dan kodim, 51 lokasi transportasi seperti bandara, stasiun, terminal, 24 lokasi tempat wisata, dan 14 lokasi rest area mendapatkan pengawalan kelistrikan dari PLN.

"Untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik, PLN telah mempersiapkan 34 titik lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 24 kota/kabupaten wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Pengguna kendaraan listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile untuk mendapatkan informasi letak SPKLU terdekat. Tak hanya itu, pengisian bahan bakar listrik melalui SPKLU juga dapat dioperasikan dengan PLN Mobile.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk waspada dalam menghadapi musim penghujan. Kondisi cuaca sangat rentan menyebabkan adanya gangguan listrik. Ia berharap masyarakat juga ikut bekerja sama dengan pihaknya untuk melaporkan apabila terjadi gangguan listrik ataupun yang berpotensi menimbulkan gangguan.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada saat memimpin Apel Siaga Kelistrikan Persiapan Nataru 2023/2024 menyatakan bahwa PLN akan memastikan keandalan listrik dengan pos siaga 24 jam yang berjaga di setiap lini perusahaan pada momen Nataru 2023/2024.

Selain itu, dia menegaskan semua peralatan dalam keadaan prima dan aman. Sehingga momen Nataru bisa berjalan dengan aman bagi semua pihak baik perusahaan maupun masyarakat. (tjs/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral