Kondisi Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur Pantura Brebes, Rabu malam (27/3/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tri Handoko

Info Mudik: Hati-Hati, Penerangan Jalan Umum di Pantura Brebes Masih Minim

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:24 WIB

Brebes, tvOnenews.com - Kondisi Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, hingga saat ini masih minim. Khususnya, di  Jalur Pantura pintu masuk Jawa Tengah di ruas Losari hingga Kota Brebes.

Untuk itu, bagi pemudik yang masuk pintu gerbang Pantura Jawa Tengah, lebih berhati-hati saat melintas di malam hari, khususnya pemudik sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Brebes, Budhi Darmawan mengakui, hingga saat ini memang masih banyak membutuhkan pemasangan PJU untuk jalur pantura. 

Apalagi sesuai data dinasnya, kebutuhan PJU untuk sepanjang Jalur Pantura Losari hingga Brebes mencapai 501 titik. Namun dari kebutuhan itu, baru terpenuhi 150 titik. Itupun baru difokuskan di ruas Kota Brebes hingga perbatasan Kota Tegal.

"Hingga saat ini baru terpasang sekitar 20 persen dari kebutuhan PJU yang ada akibat keterbatasan anggaran," kata Budhi Darmawan.

Untuk itu, masih minimnya penerangan jalan umum, khususnya di ruas Pantura Losari hingga perbatasan dengan kota Brebes, pengendara dihimbau lebih berhati-hati bila saat melintas. Apalagi jalur Pantura Brebes merupakan jalur cepat dan juga jalur lelah bagi pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya.

"Kalau soal rambu-rambu jalan di Pantura Brebes, sudah memenuhi kebutuhan yang ada. Namun, kalau pemasangan PJU standar kelayakan harus berjarak antara 35 meter hingga 50 meter," ungkap Budhi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral