Durian monti dengan tekstur daging tebal dan manis.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Durian Monti, Si Tebal dan Manis Unggulan Semarang

Rabu, 5 Januari 2022 - 13:30 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Monti, Singkatan dari Montong Gunungpati, adalah varian unggulan durian hasil persilangan antara durian montong Thailand dengan durian lokal Gunungpati Semarang.

Kemudian ditanam di lahan yang sesuai dengan karakter durian. Dan tanah yang cocok itu ya di Gunungpati yang selama ini dikenal sebagai sentra tanaman durian di  Kota Semarang.

Hasil persilangan membuat durian monti punya kelebihan dibanding durian montong asal Thailand. Keduanya memang sama-sama berdaging tebal. Tapi jika varian asli montong Thailand hanya berasa manis saja, maka durian monti punya taste manis bercampur pahit. Itu karena pengaruh durian asli Gunungpati yang memberi rasa manis pahit saat disilang dengan durian montong.

Durian monti punya ukuran besar seperti induknya. Warna dagingnya kuning, aromanya harum, teksturnya padat, tebal, dengan berbiji kecil. Satu buahnya bisa berbobot lebih dari empat kilogram.

Sentra budidaya durian monti ada di beberapa lokasi. Salah satunya kebunnya ada di kawasan belakang terminal Gunungpati.

"Ini kan untuk menjawab keinginan penggemar durian. Karena rasa durian yang mantap itu kan yang manis dan ada pahitnya. Itu tidak ditemui pada durian montong. Maka kita silangkan dengan durian Gunungpati yang terkenal taste manis pahitnya. Gampangnya, yang montong punya andil hasil dagingnya yang tebal, yang lokal andil rasa manis pahitnya. Maka jadilah Si Monti ini, Montong Gunungpati," kata Tumidiarso, pemilik kebun durian Monti.

Di kebunnya, Tumidiarso menanam hampir seratus pohon durian monti. Setiap musim durian seperti sekarang ini, banyak yang datang untuk menikmati durian langsung di kebunnya. Ia pun membuat rumah dan gazebo untuk tempat menikmati durian.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral