Luapan Sungai Panjang sebabkan puluhan rumah tergenang dan arus lalu lintas ditutup, Selasa (11/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Cuaca Buruk, Banjir, Longsor dan Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Semarang

Selasa, 11 Januari 2022 - 19:23 WIB

Semarang, Jawa Tengah- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Semarang sejak pukul 13.00 Wib hingga Selasa(11/1/2022)sore, menyebabkan bencana alam di beberapa titik. 

Dari data yang dimiliki BPBD Kabupaten Semarang, hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi mengakibatkan puting beliung di Ungaran Timur, Longsor di Sumowono dan banjir di Ambarawa. 

Kepala pelaksana harian BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto, mengatakan, saat ini tim TRC BPBD telah berada di lokasi kejadian dan melakukan upaya penanganan awal dari longsor, puting beliung dan luapan air Sungai Panjang. 

" Sebanyak 16 personil kami turunkan untuk melakukan penanganan di beberapa titik bencana. Di Ungaran Timur ada puting beliung yang menyebabkan pohon tumbang dan satu rumah rusak. Di Sumowono kami kirim tim dan alat berat untuk membersihkan longsor yang menutup sebagian akses jalan provinsi Semarang - Temanggung, " jelas Heru. 

Heru juga menambahkan, banjir yang di lingkungan Bugisan, Kecamatan Ambarawa, terjadi lantaran tingginya debit Sungai Panjang yang tidak mampu menampung derasnya hujan yang turun sejak siang hingga sore hari. 

" Saya mendapatkan laporan untuk luapan air di sungai panjang dikarenakan tanggul yang dibuat untuk menahan air sungai tidak mampu lagi menampung debit air yang tinggi. Jadi airnya luber melewati tanggul yang dibuat, " imbuhnya.

Hingga Selasa sore, tim dari BPBD dan sejumlah petugas lainnya dari TNI dan Polri masih melakukan penanganan di sejumlah daerah terdampak bencana. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral