Petugas gabungan singkirkan material longsor untuk buka akses jalan, Selasa (11/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Jalan Provinsi Sumowono-Temanggung

Selasa, 11 Januari 2022 - 22:59 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Hujan deras yang mengguyur kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menyebabkan longsor dan menutup sebagian akses jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Temanggung. 

Longsor terjadi di jalan raya Desa Kemitir Kec. Sumowono Kabupaten Semarang, Selasa (11/01/2022) sore, dan menutup sebagian badan jalan serta menyebabkan arus lalu lintas sempat tersendat. 

Kapolsek Sumowono Iptu Kanedi mengatakan, guna mempercepat evakuasi material longsor evakuasi dilakukan secara manual untuk menyingkirkan longsoran berupa tanah dan batu. Petugas gabungan bersama warga pun menggunakan sekop dan alat lainnya untuk membersihkan jalan.

"Benar, tadi kami mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi tanah longsor dan menutupi akses jalan Sumowono-Temanggung. Guna percepatan pembersihan material longsor, kami bersama masyarakat dan relawan membersihkan material secara gotong royong,"ujar Kapolsek Sumowono. 

Proses evakuasi berjalan beberapa jam mengingat material longsor yang menutup jalan Sumowono - Temanggung cukup banyak dengan panjang kurang lwbih 30 meter. 

"Kami berharap masyarakat mewaspadai curah hujan tinggi yang mengakibatkan tanah longsor maupun pohon tumbang terutama warga yang bermukim didaerah rawan dan juga agar tetap hati hati di jalan dikarenakan jalan licin, " imbuh Kapolsek. 

Sementara itu, terpisah Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan longsor yang terjadi di Desa Kemitir akibat curah hujan yang cukup tinggi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral