Luapa air saat tanggul Sungai Dawe di Desa Golantepus, Kudus, jebol, Rabu malam (9/3/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Tanggul Sungai Dawe di Kudus Jebol, Akibatkan Banjir Bercampur Lumpur

Kamis, 10 Maret 2022 - 10:40 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Akibat tak kuat menahan debit air yang cukup tinggi pasca hujan deras, tanggul sungai Dawe yang berada di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kudus Jawa Tengah jebol Rabu malam (9/3/2022).

Jebolnya tanggul sepanjang 2 meter tersebut mengakibatkan banjir limpasan yang membawa material lumpur merendam jalan desa. Tak hanya itu, sedikitnya puluhan rumah yang berada tak jauh dari titik jebolnya tanggul juga terdampak banjir.

“Hujan intensitas sedang hingga lebat membuat debit air sungai Dawe naik dan kurang kuatnya tanggul penahan dan akhirnya jebol.  Akibatnya tanggul jebol dan limpas sepanjang aliran sungai dawe di Dukuh golan RT 3/RW 1 Desa Golantepus,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kudus, Munaji, dalam keterangannya kepada wartawan.

Sementara itu hujan intensitas tinggi juga mengakibatkan air sungai Mrisen di RW 2 Desa Golantepus limpas. Air sungai mrisen meluap bercampur lumpur menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian air bervariasi antara 30-40 sentimeter. Selain menggenangi pemukiman, banjir juga sempat menutup akses jalan sekunder desa. 

“RW 02 terapit dua sungai Mrisen dan Sungai Dawe yg debit airnya tinggi, tiap tahun langganan tergenang banjir. Air masuk rumah warga mulai pukul 19.00. WIB,” pungkas Munaji.

Hingga Kamis pagi kondisi banjir terpantau surut meski di sejumlah titik masih terdapat air menggenang. Warga juga mulai membersihkan sisa-sisa sisa endapan lumpur yang terbawa banjir. (Galih Manunggal/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral