Pelaku pencurian kotak amal di Masjid Al Bukhori Pejagan Timur, Kabupaten Brebes, terekam CCTV..
Sumber :
  • Tim tvOne - Otong Susilo

Karena Sangat Miskin, Pencuri Kotak Amal di Brebes Dibebaskan Polisi

Rabu, 16 Maret 2022 - 20:29 WIB

Brebes, Jawa Tengah - Aksi pelaku pencurian kotak amal di Masjid Al Bukhori Pejagan Timur, RT 02 RW03, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah terekam CCTV.

Diketahui, pelaku melakukan aksinya dengan cara mencongkel kotak amal yang berada di tempat wudu. Atas kejadian tersebut, pengurus masjid mengalami kerugian hingga Rp700 ribu.

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto melalui Kapolsek Tanjung AKP Widiarto membenarkan adanya kejadian pencurian tersebut, pelaku merupakan warga Kecamatan Kandang Serang, Kabupaten Pekalongan. Terkait identitas pihak kepolisian tidak bisa memberikan keterangan. 

"Pelaku berdalih, karena kehabisan ongkos setelah perjalanan dari Cirebon dan akan pulang ke Pekalongan. Pelaku kemudian turun di Cirebon dan berjalan hingga sampai di Brebes," kata AKP Widiarto saat dikonfirmasi, Rabu (16/09/2022).

Sesampainya di pejagan, lanjut Kapolsek, kemudian pelaku melancarkan aksinya dengan menggasak kotak amal di Masjid Al Bukhori Pejagan Timur, RT 02 RW03, Kecamatan Tanjung. 

"Namun karena barang bukti uang tunai dibawah Rp2,5 juta, maka pelaku akhirnya dibebaskan. Hal itu merujuk pada keputusan Mahkamah Agung Nomor 2/2012 mengenai Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP. Jika sebelumnya yang disebut tindak pencurian ringan yang nilainya kurang dari Rp 250, kini diubah menjadi Rp 2,5 juta," tandasnya.

Selain itu, kata Kapolsek, saat pelaku ditangkap dirumahnya, kondisi keluarganya sangat miskin sekali. Berdasarkan kedua faktor itulah akhirnya pihaknya membebaskan pelaku.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral