Warga dibantu anggota TNI dan Polri memperbaiki tanggul Sungai Kaliputri yang jebol di Desa Mangunweni, Kecamatan Ayah, Rabu (23/3/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Cegah Banjir Terjadi Lagi, Warga dan TNI-Polri Perbaiki Tanggul Sungai Kaliputri

Rabu, 23 Maret 2022 - 19:26 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Tanggul Sungai Kaliputri, Dukuh Kemusuk RT.03 RW.02 Desa Mangunweni di Kecamatan Ayah jebol hingga menyebabkan banjir di wilayah Kebumen, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. 

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan apabila curah hujan kembali meningkat, warga bersama aparat gabungan TNI-Polri bergotong royong melakukan perbaikan tanggul Sungai Kaliputri.

Kendala lokasi yang susah di jangkau mobil dan alat berat membuat perbaikan tanggul dilakukan secara manual. Perbaikan secara manual dilakukan dengan mengambil tanah di area persawahan yang dekat dengan lokasi tanggul. Ratusan karung berisi tanah dan sesek bambu kemudian ditata untuk menutupi tanggul yang jebol.

"Sudah dua hari ini kita lakukan perbaikan oleh masyarakat, Polri dan TNI, dengan cara memasang bambu, dan ratusan sak karung berisi tanah. Karena sangat sulit kalau menggunakan alat berat, karena lokasinya di tengah persawahan jauh dari jalan," jelas Iptu Kaswan Kapolsek Ayah, disela kegiatan penanganan tanggul jebol, Rabu (23/3/2022).

Sedikitnya ada 150 bambu dan 300 karung bantuan swadaya dari masyarakat yang kemudian diisi dengan tanah kemudian ditata untuk menutup jebolnya tanggul secara darurat.

Menurut Kaswan, mayoritas mata pencaharian warga Mangunweni adalah bertani. Jika tanggul jebol ini tak teratasi maka banjir akan mengancam pertanian di wilayah tersebut.

"Selanjutnya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk kedepan antisipasi tanggul jebol kembali dan fokus kepada tanaman padi milik warga jika banjir kembali terjadi," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral