Lokasi Pusat Daur Ulang Sampah di Kudus, Jawa Tengah yang siap beroperasi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Berkapasitas 10 Ton, PDU Kudus Siap Lakukan Pengolahan Sampah

Kamis, 31 Maret 2022 - 09:52 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Seiring bertambahnya penduduk menyebabkan jumlah sampah meningkat dan TPA sampah di Kabupaten Kudus terjadi overload. Tindakan sederhana seperti membiasakan pilah sampah dari rumah dapat membantu proses pengelolaan sampah.

Pemerintah Kabupaten Kudus pun serius dalam menangani permasalahan sampah dengan menjalankan PDU (Pusat Daur ulang) yang berlokasi di selatan Pasar Baru Kudus.

Kepala Dinas PKPLH Kudus, Agung Karyanto menerangkan, sampah yang bisa diolah di PDU adalah jenis sampah organik dan anorganik. Pengolahan sampah organik pertama dipilah di conveyor sebelum dimasukkan ke mesin pencacah, selanjutnya disemprotkan cairan micro organisme local, dan proses pengomposan. Setelah melalui proses pengomposan, kompos siap digunakan untuk pupuk tanaman atau dikemas menjadi produk bernilai ekonomis.

"Untuk pengolahan sampah organik contohnya daun harus dipisahkan daun dari batangnya dahulu. Lalu kita semprotkan cairan Eco Enzyme untuk mempercepat pengomposan," jelas Agung Karyanto.

Sementara untuk sampah anorganik seperti botol plastik, prosesnya hampir serupa. Botol yang dipilah harus berwarna bening, dan sudah dipisahkan dari label dan tutupnya. Selanjutnya sampah dicacah dan dicuci melalui mesin, dan dimasukkan ke mesin pengayak untuk memilah sesuai ukuran cacahan.

"Prosesnya hampir sama tapi yang harus diperhatikan yaitu botolnya harus putih bening, sudah dipisahkan dari label dan tutup. Karena kalau tercampur tidak bisa dijual untuk kebutuhan industri," terangnya.

Dirinya menjelaskan bahwa TDU Kudus didirikan dari hasil bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui APBN. Kapasitas yang terpasang bisa mengolah 10 ton/hari, tersebut diharapkan bisa mengurangi beban TPA yang perhari mencapai ratusan ton.  Hal itu diharapkan bisa mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah sebesar 30 persen yang ditergetkan pada 2025

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:47
01:22
02:38
02:46
02:43
01:38
Viral