Masjid Cipto Mulyo Boyolali Peninggalan Raja Paku Buwono (PB) X.
Sumber :
  • Tim tvOne/Agus S

Berusia 117 Tahun Masjid Peninggalan Raja Keraton Solo Jadi Tempat Ibadah Tertua di Boyolali

Senin, 4 April 2022 - 09:08 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Masjid Cipto Mulyo merupakan salah satu masjid tertua di Boyolali yang sudah berusia 117 tahun, masjid ini berlokasi di Dukuh Ngaliyan, Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah yang merupakan peninggalan Raja Keraton Solo, Paku Buwono (PB) X.

Masjid tertua di Boyolali ini dibangun pada selasa pon 14 jumadil akhir 1838 tahun je sekitar tahun 1905 masehi di Kawasan Wisata Umbul Pengging.

Takmir Masjid Cipto Mulyo Achmadi mengatakan, Bangunan masjid merupakan bangunan kuno dengan nuansa Jawa yaitu berbentuk limasan seperti pendopo.

“Ini telah direnovasi beberapa kali dibagian atap atau genting dan juga dibagian dinding yang diganti dengan keramik namun bentuknya tetap sama,” kata Achmadi saat ditemui di masjid selasa (4/4/2022).

Lebih lanjut Achmadi menjelaskan, semua ornamen yang ada di masjid masih asli dan bertuliskan PB X termasuk pada lima pintu masjid.

“Bedug, kentongan, mimbar semua peninggalan Paku Buwono X termasuk tulisan jawa diatas ini,” jelasnya.

Tidak hanya menjadi masjid tertua, Masjid Cipto Mulyo juga memiliki keunikan tersendiri dibanding masjid masjid yang ada saat ini. Masjid ini mempunyai keunikan yaitu arah kiblatnya menyerong ke kiri, kalau masjid biasanya memiliki arah kiblat nyerong ke kanan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral