Antrean kendaraan di SPBU Tembalang, Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Tren Konsumsi BBM Diprediksi Naik 16 Persen Pada Arus Mudik

Rabu, 13 April 2022 - 22:43 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Arus mudik lebaran tahun ini diprediksi akan meningkatkan konsumsi BBM yang cukup signifikan. Termasuk migrasi konsumsi pengendara dari pertamax ke pertalite pasca kenaikan harga pertamax beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal itu, Area Manager Communications Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan dan mengoptimalkan ketersediaan bahan bakar minyak tersebut. 

Ia menyebut, ada tren kenaikan konsumsi BBM baik jenis Gasoline yaitu Pertalite dan PertamaxSeries. Diprediksi konsumsi keduanya naik 16% dari rata-rata harian normal yaitu dari 11.337 kiloliter menjadi 13.153 kiloliter.

Sedangkan BBM jenis Gasoil yaitu Biosolar dan Dex series, lanjutnya, akan mengalami kenaikan 2% dari normalnya 6.556 KL menjadi 6.686 KL. Ia menyebut, untuk konsumsi Gasoil mengalami kenaikan karena meningkatnya jumlah pengiriman dan armada barang dibanding 2021. 

Untuk penyaluran BBM jenis pertalite, kata Brasto, akan menyesuaikan dengan permintaan. Oleh karena itu pihaknya bekerjasama dengan kepolisian guna kelancaran pasokan. 

"Yang jelas kita mengacu pada kebutuhan di SPBU, ketika dia order maka akan ditambah lagi. Untuk penyalurannya kita atur mobil tanki, kemarin kita juga sudah berkoordinasi dengan Polda terkait rencana pengaturan arus lebaran 2022," jelasnya setelah acara pertemuan dengan Gubernur Jateng, Selasa (12/4/2022).

Sementara itu, untuk jenis solar akan disalurkan sesuai permintaan. Menurut Brasto, pembelian solar mengacu ketentuan BPH Migas, yang mengatur jumlah konsumsi mobil pribadi maksimal 60 liter per hari, truk roda empat maksimal 80 liter dan truk roda enam maksimal 200 liter per hari. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral