Curug Cipendok, air terjun kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Penat di Jalan Saat Mudik? Jalur Alternatif di Banyumas ini Sarat Spot Healing

Selasa, 19 April 2022 - 15:36 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Pelonggaran aturan mudik pandemi tahun ini, dan sejumlah skenario arus lalu lintasnya, membayangkan jalanan bakal padat. Anda yang mudik melalui jalur tengah Jawa Tengah di Kabupaten Banyumas, bisa mengambil jalur alternatif berpemandangan sejuk dan banyak lokasi healing. 

Beberapa meter menjelang tugu batas Kabupaten Brebes dan Banyumas, atau sebelum jembatan rel, jika arah dari Pantura, coba ambil jalan kampung ke kiri. Jalurnya melalui Dusun Gununganyar, Desa Krajan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Begitu keluar jalur utama tengah itu, suasana sangat berbeda. Karena langsung tersaji pemandangan khas kampung pertanian.

Tapi jangan khawatir, kondisi jalan mulus. Anda hanya perlu berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain, karena ruas jalan tak cukup lebar di beberapa titik.

Jalur alternatif itu merupakan salah satu jalan menghindari kepadatan di simpang Ajibarang arah Cilacap, Pasar Cilongok dan Pasar Karanglewas.

"Hampir semua kondisi jalan di jalur alternatif ini sudah mulus. Beberapa ruas juga sudah ditambah dengan rabat beton agar lebih lebar," ujar Kepala Dusun Glempang, Kecamatan Pekuncen, Adi Sutrisno, Selasa (19/4/2022).

Jalur di kaki Gunung Slamet sisi barat ini menyajikan pemandangan anti penat. Sawah dan punggung bukit menghijau, serta sungai dengan air yang sangat jernih, khas sungai pegunungan dengan batu besar bertebar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral