Petugas BPOM Purwokerto tunjukan makanan kemasan kedaluwarsa dijajakan di Terminal Purwokerto..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

BPOM Temukan Makanan dan Minuman Kedaluwarsa Dijual di Terminal Purwokerto

Jumat, 29 April 2022 - 16:37 WIB

Purwokerto, Jawa Tengah - Petugas BPOM Purwokerto melakukan razia pengawasan pangan di warung ruko Terminal Bulupitu Purwokerto Jumat (29/4/2022). Hasilnya, ditemukan makanan dan minuman kedaluwarsa, hingga setahun lewat. Jika dikonsumsi sangat membahayakan kesehatan.

Kepala Loka POM Purwokerto, Suliyanto menyebut, dalam pengujian cepat tidak ditemukan sampel pangan yang mengandung bahan berbahaya. Namun dari hasil pengawasan pangan kemasan, masih ditemukan pangan kedaluwarsa dan tidak memenuhi ketentuan.

"Dari hasil sampling yang dilakukan, masih ditemukan makanan ringan dan minuman yang sudah kedaluwarsa di beberapa warung," ujarnya. 

Selain dilakukan pengambilan sampel terhadap pangan olahan disekitar terminal, tim BPOM juga melakukan uji cepat terhadap pangan siap saji untuk mengetahui ada tidak bahan berbahaya yaitu boraks, formalin, rodhamin b dan metanil yellow.

"Sedangkan untuk hasil uji cepat dari beberapa sampel yaitu tahu kuning, kikil dan kerupuk gendar, hasilnya tidak ditemukan kandungan bahan berbahaya," ujarnya.

Tindak lanjut dari temuan tersebut akan dilakukan pemusnahan dan edukasi terhadap penjual pangan disekitar terminal yang masih ditemukan produk tidak memenuhi ketentuan. Agar lebih hati-hati dan teliti dalam menjajakan dagangannya.

Pihaknya juga memiberikan informasi dan edukasi ke para penjaja makanan, staf terminal, dan pemudik serta calon penumpang bus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral