Peternak sapi di Kebumen antisipasi wabah PMK dengan jaga kebersihan kandang, Kamis (12/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Waspada Wabah PMK, Distapang Kebumen Giatkan Pemeriksaan Ternak

Kamis, 12 Mei 2022 - 11:31 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Jawa Timur dan Jawa Tengah, membuat Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen waspada.

Pemeriksaan terhadap ternak kambing dan sapi pun langsung dilakukan untuk memastikan aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan. 

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. RR Pudji Rahayu mengatakan, pihaknya sudah bergerak cepat untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Kebumen. 

"Alhamdulillah, untuk ternak-ternak di Kebumen masih aman. Tapi kita juga jangan terlena dan tetep waspada. Petugas kesehatan hewan sudah bergerak melakukan pengecekan ke peternak dan pasar-pasar hewan," jelas Pudji saat dihubungi, Kamis (12/5/2022). 

Lanjut Pudji, Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dari Kementan kemarin (9/5/2022) juga sudah melakukan pemeriksaan di pasar-pasar hewan, pedagang dan pengepul hewan serta  terhadap beberapa peternak. Salah satunya di Desa Sendangdalem Kecamatan Padureso. Usai dilakukan pemeriksaan dan dipastikan ternak tersebut sehat. 

"Kita sudah di cek dari balai Besar Veteriner Wates kemarin di ambil 7 sampel alhamdulillah kondisinya aman, sehat." Lanjut Pudji. 

Meski sudah dipastikan kondisi ternak di Kebumen aman, Pudji meminta petugas kesehatan dari Distapang terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan wabah PMK yang baru-baru ini menyerang ternak warga di Jawa Timur. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral