Suasana pemeriksaan hewan ternak di pasar Hewan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Rabu(12/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Cegah PMK, Dispertanikab Kab. Semarang Lakukan Skrining di Pasar Hewan

Kamis, 12 Mei 2022 - 19:36 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Guna Mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) Tim Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikab) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah melakukan pemeriksaan di Pasar Hewan Ambarawa, Kamis (12/5/2022).

Kepala Dispertanikap Kabupaten Semarang, Wigati Sunu mengungkapkan, pemeriksaan di Pasar Hewan ini dilakukan guna memcegah masuknya PKM melalui lalu lintas jual beli hewan.

Sapi sapi diperiksa sebelum diturunkan dari kendaraan guna memastikan sapi yang akan dijual di pasar hewan bebas dari PMK.

"Teknisnya, hewan diperiksa saat masih di atas kendaraan. Sehingga jika ada temuan, bisa dicegah agar tidak menyebar," ujarnya.

Ditambahkan Sunu, upaya pemeriksaan tersebut tidak hanya dilakukan di Pasar Hewan Ambarawa saja melainkan di seluruh sentra penjualan hewan ternak di Kabupaten Semarang.

"Ada tujuh pasar hewan lain yang lokasinya jadi satu dengan pasar tradisional. Semuanya kita periksa untuk pencegahan penularan PMK," ungkapnya.

Dalam pemeriksaan ini tim menemukan adanya sapi yang terindikasi PMK. Guna menghindari penyebaran tim meminta peternak sapi asal Polosiri, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang untuk membawa pulang hewan ternak yang dibawanya dan melakukan isolasi terhadap sapi yang terindikasi telah terpapar PMK.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral