Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Rembang, Agus Iwan Haswanto..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Dintanpan Kabupaten Rembang Temukan 4 Sapi Peternak Terjangkit PMK

Jumat, 13 Mei 2022 - 11:46 WIB

Rembang, Jawa Tengah - Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sudah masuk di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Saat ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang menemukan 4 ekor sapi milik peternak yang terjangkit penyakit mulut dan kaki (PMK). 

Temuan tersebut didapat setelah hasil uji laboraturium dari sapi yang penyakitnya menyerupai PMK keluar.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakan, 4 ekor sapi milik peternak dari wilayah Kecamatan Kaliori dinyatakan positif PMK setelah hasil uji laboraturium keluar pada hari Selasa (10/5/2022) kemarin. 

Dirinya membeberkan penyakit PMK muncul ketika peternak membeli 2 ekor sapi dari wilayah Jawa Timur. Kemudian penyakit tersebut menular pada 2 ekor sapi lainnya yang dimiliki oleh peternak.

“Hari Minggu tanggal 8 Mei ada 4 ekor sapi di Kecamatan Kaliori diambil sampel karen suspect PMK. Kemarin hari Selasa keluar hasilnya dan dinyatakan positif PMK,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Rembang, Agus Iwan Haswanto, Jumat (13/5/2022).

Kendati demikian, saat ini kondisi 4 ekor sapi yang terjangkit PMK sudah dalam kondisi membaik. Dirinya menilai penyakit PMK sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Hanya saja penyebarannya yang sangat cepat yang perlu menjadi perhatian.

Penyakit PMK, lanjut dia, bisa menular antar ternak atau melalui manusia, pakan ataupun kotoran hewan. Sementara sapi yang terjangkit PMK memiliki gejala demam, luka di mulut seperti sariawan, air liur berlebihan, dan ada luka atau pembengkakan pada kuku.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral