Siswa di SD Pedalangan 02 Banyumanik Semarang Masih Tetap Memakai Masker saat Kegiatan, Rabu (18/5/2022)...
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Presiden Bolehkan Lepas Masker, Siswa Sekolah Masih Nyaman Pakai Masker

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:06 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker saat kegiatan di tempat terbuka. Masyarakat diperbolehkan membuka masker meskipun masih harus melihat situasi dan kondisi keramaian.

Dari pantauan di lapangan hari ini, masyarakat masih tetap banyak yang memakai masker. Seperti di SD Negeri Pedalangan 02 Banyumanik Kota Semarang, siswa-siswa yang berolahraga di tempat terbuka tetap memakai masker.

Suasana kegiatan di SD tersebut secara umum juga tidak berubah seperti hari-hari sebelumnya. Ada satu kelas siswa yang sedang berkegiatan olahraga pada Rabu (18/5/2022) pagi. Mereka tetap memakai masker meski melakukan kegiatan di tempat terbuka. Hanya sesekali saja mereka membuka masker seperti saat minum maupun senam. Saat istirahat dan berkumpul mereka tetap memakai masker.

Sementara di dalam ruang kelas, para murid tetap disiplin memakai masker, meskipun kini mereka sudah duduk bersebelahan seperti biasa.

Kepala SD Negeri Pedalangan 02 Banyumanik, Junaidi mengatakan, pihaknya memberi waktu bagi murid dan guru untuk beradaptasi dengan kebijakan baru yang memperbolehkan melepas masker saat kegiatan luar ruang atau tempat terbuka. Bagaimanapun, lanjutnya, memakai masker selama hampir beberapa tahun ini sudah tertanam dan menjadi kebiasaan yang baik.

"Dua tahun kebiasaan ini sudah dilakukan dengan disiplin. Pengumuman dibolehkannya melepas masker di tempat terbuka malam tadi, sehingga kita segera melakukan sosialiasi. Yang jelas, kita tetap utamakan kenyamanan, bagi yang sudah terbiasa pakai masker, tidak apa-apa tetap pakai masker. Memang butuh adaptasi lagi setelah kebiasaan memakai masker selama dua tahun itu berjalan," kata Junaidi.

Ia menambahkan, secara bertahap pihak sekolah akan melakukan sosialisasi terkait dibolehkannya melepas masker di tempat terbuka. Meski begitu, untuk kebiasaan lainnya seperti cuci tangan dengan sabun serta pola hidup bersih tetap terus dilakukan. (Tjs/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral