Kepolisian, dokter dan mantri hewan dari Puskeswan Mirit lakukan pemeriksaan dan sosialisasi PMK, Kamis (19/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Cegah PMK, Petugas di Kebumen Periksa Kesehatan Ternak di Pasar Hewan

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:50 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Langkah upaya pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) agar tidak masuk wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah terus di gencarkan.

Selain pengawasan keluar masuk hewan ternak dari luar wilayah, sosialiasasi di peternakan dan pasar hewan terkait wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) juga dilakukan petugas gabungan. 

Petugas kesehatan dari dokter hewan dan mantri hewan dibantu jajaran Polsek Ambal, Polres Kebumen melaksanakan sidak dan sosialisasi ke peternakan dan pasar hewan di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kamis (19/5/2022). 

Sidak dan sosialisasi yang melibatkan UPTD Puskeswan Mirit yang membawaih Kecamatan Mirit, Ambal dan Bonorowo itu untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya sapi. 

Dokter hewan dari Puskeswan Mirit Nurul Atrik disela pemeriksaan hewan mengatakan, virus PMK meski hanya menular antar hewan, namun kerugian ekonomi yang ditimbulkan sangatlah besar. 

"Untuk itu kami beri pemahaman kepada para peternak dan pedagang hewan. Kami juga mengimbau masyarakat segera melapor ke puskeswan terdekat jika menemukan hewan ternak yang diduga terjangkit PMK," kata dokter Nurul. 

Hasil pemeriksaan yang dibantu beberapa mantri hewan dari Puskeswan Mirit  seluruh hewan ternak baik sapi dan kambing dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda terjangkit PMK. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral