Petugas pemadam kebakaran dari BPBD dibantu warga berjibaku memadamkan api yang membakar gudang penggilingan tebu..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Gudang Penggilingan Tebu Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:16 WIB

Kudus, Jawa Tengah – Sebuah bangunan gudang penggilingan tebu di Dukuh Masin, RT 5 RW 16, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah ludes terbakar, Selasa (24/5/22). Api diduga berasal dari  tungku yang masih menyala menyambar material yang mudah terbakar di sekitarnya.

Kebakaran gudang penggilingan tebu tersebut terjadi pukul 13.00 WIB. Gudang tersebut diketahui milik Sugiono (52), warga Dukuh Masin, RT 3 RW 13, Desa Kandangmas, Dawe, Kudus. Kejadian bermula saat anak buah korban yang bernama Solihin (45) bersama 3 temannya sedang mengolah tebu untuk dijadikan gula merah. Kemudian, salah satu di antara mereka ingin mengecek keadaan tungku masak gula dan melihat api membesar dari arah utara. Mereka pun segera mengambil air di bak gudang tersebut dengan menggunakan ember. Akan tetapi, api tidak bisa dikendalikan dan semakin besar. Selanjutnya, mereka melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah desa setempat.

 “Terbakarnya gudang pengolahan tebu untuk dijadikan gula merah diduga dari tungku pemasak gula yang masih menyala kemudian menyambar ampas gilingan tebu yang sudah kering karena ditimbun selama 1 tahun,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kudus, Munaji dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

 Barang-barang yang mudah terbakar dan kencangnya tiupan angin membuat api sulit dipadamkan. Sedikitnya, tiga unit pemadam kebakaran dari BPBD setempat dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.  Tak lama berselang, api akhirnya berhasil dipadamkan.

 Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian yang diderita pemilik gudang ditaksir mencapai Rp 150 juta. (Gml/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
03:48
05:06
00:54
05:57
02:20
Viral