Perbaikan tanggul laut yang jebol sepanjang sekitar 20 meter di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (25/5/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Mulai Diperbaiki

Rabu, 25 Mei 2022 - 20:40 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Tanggul jebol yang berada di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara kini mulai diperbaiki Rabu (25/5/2022). Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, perbaikan tanggul tersebut dilakukan oleh Pelindo bekerja sama dengan instansi terkait. 

"Kita berada di lokasi jebolnya tanggul di wilayah PT Lamicitra Nusantara, (Pelabuhan) Tanjung Emas Semarang dimana saat ini Tim dari Pelindo berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Kota Semarang, BPBD, Kepolisian dan semua instansi bahu membahu bekerja sama untuk menutup jebolnya tanggul itu dengan sand bag (karung pasir)," jelasnya. 

Ia menjelaskan, jebolnya tanggul yang mengakibatkan air masuk hingga merendam hampir seluruh Kawasan Pelabuhan itu berukuran sekitar 20 meter. Ia menyebut bahwa saat ini dibutuhkan ribuan sand bag untuk melakukan perbaikan tanggul tersebut. 

"Ini sekitar 20 meter. Dibutuhkan kurang lebih 3000 sand bag dan dari Pelindo sudah membantu menyediakan 3600 sand bag untuk menutup jebolnya tanggul ini," paparnya. 

Disisi lain, ia berharap perbaikan ini bisa membantu untuk mengendalikan air banjir rob yang menggenangi hampir seluruh kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. 

"Diharapkan tanggul ini bisa segera tertutup sehingga air yang berada di Pelabuhan dapat untuk lebih mudah dikendalikan," terangnya. 

Sebelumnya, General Manager Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto menyampaikan, selain menyiagakan sedikitnya 32 unit mesin pompa air dengan kapasitas hingga 800 liter perdetik yang tersebar di sejumlah titik-titik rawan banjir rob, pihaknya kini juga turut mendukung perbaikan tanggul milik PT Lamicitra yang jebol dengan menyiapkan sand bag. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral