Banjir Rob kembali terjang pelabuhan dan pemukiman di Semarang Rabu (25/5/2022) malam..
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Banjir Rob di Semarang Kembali Menggila, Luapan Air Laut di Pelabuhan Terjang Permukiman

Rabu, 25 Mei 2022 - 21:51 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Air laut pasang atau rob pada Rabu (25/5/2022) malam ini kembali naik dan bertambah tinggi. Luapan air laut membanjiri kawasan pelabuhan dan industri Tanjung Emas Semarang. Air bahkan meluap sampai melewati jalan raya dan membanjiri permukiman penduduk di seberang pelabuhan.

Situasi pun terasa mencekam di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Banjir laut pasang yang membanjiri area tersebut sejak sore, bertambah tinggi pada malam harinya.

Limpasan air dari kawasan pelabuhan bahkan melampaui jalan raya depan pelabuhan dan melimpas cukup deras ke arah Jalan Ronggowarsito. Permukiman warga di areal tersebut dengan cepat terendam hingga ketinggian setengah meter. Warga yang baru pulang kerja harus menerjang rob setinggi pinggang untuk bisa sampai ke rumah masing -masing.

Sementara itu personel tim SAR gabungan dari SARDA Jateng, SAR Semarang,  BPBD, TNI, maupun maupun kepolisian terus berjaga di batas jalan dengan pelabuhan untuk mengantisipasi keadaan.

"Malam ini memang kembali naik. Kita terus standby bersama personel dari berbagai tim, kita saling dukung dan mengawasi situasi. Tim juga terus bergantian untuk ikut menambal tanggul yang jebol," kata Kompol R. Yustinus, Wakasat Shabara Polrestabes Semarang.

Sementara itu, menurut warga di permukiman sekitar pelabuhan, banjir rob Rabu malam ini lebih tinggi dan deras dibanding sehari sebelumnya

"Lebih tinggi dibanding kemarin, sebab kali ini air rob sampai menggenangi Jalan Ronggowarsito hingga setinggi lutut. Begitu juga di permukiman sekitarnya yang masuk hingga ke dalam rumah," kata Iswondo, warga yang sedang berjaga di warungnya yang terendam. (tjs/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral