Lanal Semarang Kerahkan prajurit bantu perbaikan tanggul jebol..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Lanal Semarang Kerahkan Prajurit untuk Tutup Tanggul Rob yang Jebol

Kamis, 26 Mei 2022 - 10:04 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Upaya menutup tanggul laut yang jebol di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas Semarang hari ini, Rabu (26/5/2022) dilakukan besar-besaran.

Ratusan personil lintas sektoral dilibatkan dengan target seluruh lubang besar yang ada di tanggul laut tersebut bisa ditutup sementara dengan menumpuk kantung pasir.

Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, menyatakan, pihaknya menurunkan 50 prajurit Lanal Semarang yang bergabung untuk membantu semaksimal mungkin untuk perbaikan tanggul yang jebol bersama dengan instansi terkait. Prajurit Lanal Semarang dibekali kemampuan medan pesisir laut yang sudah sangat terlatih.

"Ini selaras dengan perintah narian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar totalitas dan terus bersinergi dengan instansi lain guna membantu pemerintah daerah melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki," jelas Danlanal Semarang.

Sebelumnya pada hari Rabu (25/5), Danlanal Semarang tersebut mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Provinsi Jawa Tengah meninjau tanggul yang jebol di kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Rombongan naik 1 unit Sea Raider  dan 1 unit perahu karet Lanal Semarang.

Selain meninjau tanggul yang jebol, rombongan juga  memberikan bantuan logistik kepada para pekerja yang sedang memperbaiki tanggul tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Menteri PUPR RI Basuki Hadi Muljono menyampaikan penanganan sementara dilakukan dengan dengan menutup tanggul yang jebol debgan sandbag lalu airnya dipompa.  

"Kita akan dibantu oleh Komandan Lanal Semarang dan dari Kodam, besok harus bisa tertutup dan bisa dipompa sementara kita tingkatkan dulu kita perbaiki dan perkuat dari dalam," kata Menteri PUPR Basuki Hadimulyono. (Tjs/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral