Upaya menutup tanggul laut yang jebol di Tanjung Emas Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Wah! Ditemukan Banyak Retakan di Tanggul Laut Tanjung Emas Semarang

Kamis, 26 Mei 2022 - 20:27 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Setelah beberapa hari melakukan pengecekan terkait banjir rob di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, tim dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana mendapatkan data lapangan yang cukup mengejutkan.

Selain tiga titik tanggul yang jebol, tim juga mendapat temuan beberapa retakan-retakan di sepanjang tanggul yang membatasi areal kawasan industri di dekat Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan laut.

Kepala BBWS Pemali-Juana, Adek Rizaldi mengungkapkan, temuan tersebut sudah ia laporkan kepada Menteri PUPR. Nantinya akan ada audit menyeluruh terhadap bangunan dan tanggul di lokasi itu. Tapi untuk saat ini, fokus utama adalah menutup tanggul yang jebol sehingga air laut tidak masuk lagi ke kawasan pelabuhan dan areal pabrik di sekitarnya.

"Dari foto-foto yang kami dapat, kemudian dari pengecekan di lapangan terhadap tanggul yang jebol, itu kelihatan, kami sangat mengkhawatirkan dari sisi konstruksinya. Sehingga kami punya kewajiban untuk mengecek seluruh tanggul-tanggul yang ada," kata Adek Rizaldi, saat ditemui di Semarang, Kamis (26/5/2022). 

Ia menambahkan, dari temuan itu, pihaknya mengusulkan untuk dilakukan audit menyeluruh terhadap tanggul laut tersebut.

"Jadi kita mengukur dari sisi konstruksinya seperti apa, kemudian stabilitasnya apakah masih aman atau tidak menghadapi jika air laut naik. Jadi penanganan jangka panjang atau permanennya harus jelas, kita cek semua baru kemudian kita buat desainnya," jelasnya.

Terkait tindakan atas laporan temuan tanggul yang retak, Adek mengatakan, pihaknya akan mengecek ulang dan mengkaji akan dilakukan dengan cara apa supaya tepat diterapkan.

"Untuk temuan yang dilaporkan oleh Pak GM Pelindo tadi tentang adanya retakan-retakan di tanggul, akan kita cek seperti apa keretakan-keretakan yang ada. Hasil pengecekan nanti akan kita tentukan tindakan apa yang harus dilakukan. Apakah dengan disuntikkan semen penguat atau bagaimana," jelas Adek.
 
Seperti diberitakan, sudah empat hari banjir rob besar melanda kawasan pelabuhan dan industri di Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, yaitu sejak Senin hingga Kamis ini.

Banjir terjadi akibat luapan air laut pasang atau rob dan diperbesar dengan jebolnya tanggul laut di kawasan industri yang masih satu area dengan Pelabuhan Tanjung Emas. (Tjs/Buz)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:08
01:52
01:57
01:49
01:58
05:09
Viral