Banjir merendam belasan desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Banjir Terjang Kabupaten Purworejo, Rendam 17 Desa di 7 Kecamatan

Rabu, 1 Juni 2022 - 14:32 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo pada Selasa (1/6/2022) mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda banjir. Data sementara yang dirilis BPBD Purworejo, tercatat banjir telah melanda 17 desa di 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

"Banjir disini dipengaruhi letak geografis juga ya,karena ada pertemuan antara kali Jali dan kali Dulang. Di Purworejo sendiri ada 17 desa di 7 kecamatan yang tergenang banjir namun yang tertinggi ada di Perumahan Palapan dan Desa Krandegan ini." kata Bupati Purworejo RH Agus Bastian, saat meninjau lokasi banjir.
"Untuk perumahan palapan sudah surut ya. Untuk logistik sudah mulai didistribusikan dari tadi malam, lalu dapur umum juga sudah di dirikan di tempat-tempat yang airnya masih tinggi," lanjut Bupati.

Bupati memantau langsung kondisi beberapa titik banjir diantaranya di area Perumahan Palapa Desa Seren Kecamatan Gebang dan Desa Krandegan Kecamatan Bayan. Dikedua lokasi tersebut, Bupati Agus Bastian juga memberikan bantuan berupa logistik maupun kebutuhan pokok masyarakat.

Sementara itu di Desa Krandegan yang merupakan daerah rawan banjir, menurut informasi pemerintah desa setempat telah dibantu para relawan untuk melakukan evakuasi kepada warga yang rumahnya terendam banjir. 

BPBD juga telah mendirikan posko maupun dapur umum untuk membantu ketersediaan makanan di pengungsian. Terdapat beberapa lokasi pengungsian diantaranya di masjid maupun di rumah warga yang relatif lebih tinggi tanahnya. (Esa/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
01:41
Viral