Petugas gabungan lakukan evakuasi dan kuburkan puluhan bangkai kambing..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Puluhan Bangkai Kambing di Sungai Serang Kab. Semarang Terindikasi Suspek PMK

Selasa, 21 Juni 2022 - 16:49 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menindak lanjuti temuan bangkai hewan ternak kambing yang diduga sengaja dibuang di Sungai Serang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang pada Selasa (21/6/2022) pagi.

Kepala Dispertanikap Kabupaten Semarang, Wigati Sunu mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan tim kesehatan hewan, bangkai hewan yang diduga sengaja dibuang tersebut terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

" Jadi tadi sudah dilakukan pengecekan oleh tim kesehatan. Beberapa ekor yang kita cek memang terindikasi suspek PMK, hal ini dilihat dari adanya luka pasa mulut dan kuku. Kami juga perkirakan kurang lebih 50 bangkai kambing yang dibuang diduga telah terpapar PMK," jelas Sunu saat dijumpai di lokasi Selasa (21/6/2022).

Sunu menambahkan jika dilihat dari kondisi bangkai kambing yang yang mulai kembung dan kulit terkelupas, diperkirakan kambing tersebut sudah mati 1 hinga 2 hari.

" Saat dibuang di sungai Serang diduga sudah mati 1 hingga 2 hari ya. Kondisinya juga sudah bau dan membengkak," ujarnya.

Guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) akibat dari pembuangan kurang lebih 50 kambing di sungai Serang, Dispertanikap Kabupaten Semarang bersama dengan Kepolisian dan TNI terus melakukan upaya evakuasi dan penguburan bangkai tersebut.

" Kami bersama sama dengan pihak Kepolisian dan TNI serta masyarakat berupaya untuk mengevakuasi seluruh bangkai kambing tersebut dan menguburkannya. Ini untuk mencegah sungai tercemar dari virus PMK," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral