Direktur SDA Kementerian PPN/Bappenas, Abdul Malik Sadad Idris didampingi Bupati Demak, Eistianah kunjungi lokasi rob di desa Timbul Sloko, Sayung, Selasa (21/6/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

Pemerintah Segera Bangun Tanggul Laut Atasi Banjir Rob di Wilayah Demak

Rabu, 22 Juni 2022 - 08:55 WIB

Demak, Jawa Tenggah -  Air laut pasang atau rob yang melanda empat Kecamatan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah diharapkan bisa teratasi, setelah pemerintah merealisasikan proyek pembangunan tanggul laut di pesisir pantai Sayung, Demak.

Direktur Sumberdaya Air Kementeriaan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Abdul Malik Sadat Idris saat meninjau langsung daerah terdampak rob di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Demak, Selasa (21/6/2022) petang menyatakan, pemerintah sangat konsen untuk merealisasikan pembangunan tanggul laut ini, karena dampak dari rob di wilayah pantura Demak ini sudah sangat mengkhawatirkan.

"Ya ini pemerintah pusat melalui kementerian PUPR akan membantu, dikarenakan skala permasalahannya sudah menahun dan mudah-mudahan periode desain ini bisa kita selesaikan di tahun depan," ujar Abdul Malik.

Menurutnya dalam mengatasi permasalahan rob tidak mungkin pemerintah pusat dapat menyelesaikan sendiri tanpa ada dukungan dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kementerian PUPR, mengingat ini merupakan program RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) pengendalian terpadu pantai Utara Jawa harus dikerjakan bersama secara serius.

"Permasalahan rob di kabupaten Demak masuk skala permasalahan yang besar dan menjadi fokus pembicaraan ditingkat nasional,  oleh sebab itu rencana ini harus dijalankan sebaik mungkin," tuturnya.

Nantinya, lanjut Abdul Malik,  ada beberapa opsi, termasuk memanfaatkan jalan kabupaten yang rusak dan tenggelam akibat diterjang rob difungsikan sebagai jalan sekaligus tanggul laut. Dari kajian Bappenas tanggul laut tersebut diperkirakan panjangnya mencapai lima belas setengah meter.

Jalur kabupaten sepanjang pantai Utara yang kondisi sekarang rata dengan laut, kedepannya akan difungsikan kembali. Selain sebagai jalur ekonomi juga difungsikan sebagai tanggul laut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral