Pedagang cabai di Pasar Kendal, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Harga Cabai dan Bawang Merah di Kendal Terus Melonjak Tinggi

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:11 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Harga komoditas pangan di pasar tradisional Kendal, Jawa Tengah, terus berada di batas tinggi. Yang cukup mahal adalah cabai dan bawang merah. Selain akibat cuaca ekstrim yang mempengaruhi hasil panen, juga karena permintaan cabai dan bawang yang meningkat.

Di Pasar Kendal, harga cabai rawit merah pada Rabu (22/6/2022) tercatat 80 ribu rupiah per kilogram. Masih belum turun sejak sepekan ini.

Padahal pekan-pekan sebelumnya dari ada di kisaran 40 ribu dan terus merangkak naik secara berkala hingga mencapai angka sekarang. 

Demikian juga harga cabai keriting sekarang ada di harga 75 ribu rupiah per kilogram. cabai rawit hijau juga masih di harga tinggi yaitu 55 ribu rupiah per kilogram. 

Sementara itu harga bawang merah kini mencapai 55 ribu rupiah per kilogram. Padahal di awal Juni masih berada di harga 25 ribu rupiah per kilogram. Akibat mahalnya komoditas, pedagang mengaku penjualannya turun hingga 50 persen.

"Ya turun penjualannya. Banyak yang mengurangi pembelian cabai. Yang biasanya  beli sekilo sekarang hanya beli seperempat," kata Nurhayati, pedagang di Pasar Kendal.

Ia menambahkan, ada juga yang lebih hemat membeli cabai busem, yaitu yang tok kena angin tapi masih bisa dipanen, hanya saja warnanya jadi busem atau kecoklatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral