Aktivitas petani bawang merah di Desa Ngurenrejo, Wedarijaksa, Pati, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Harga Bawang Merah Ditingkat Petani di Pati Tembus Rp 40 Ribu per Kilogram

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:21 WIB

Pati, Jawa Tengah - Harga bawang merah di tingkat petani di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, melonjak tembus Rp 40 ribu per kilogram. Naiknya harga bawang merah ini disebabkan pasokan bawang merah di pasaran sedikit akibat gagal panen karena cuaca buruk. 

Setelah terus merugi karena harga bawang merah tidak sebanding dengan biaya produksi karena harga pestisida dan pupuk yang terus mengalami kenaikan, petani bawang merah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kini bisa tersenyum. Pasalnya, harga bawang merah di tingkat petani saat ini melonjak. 

Jika sebelumnya paling tinggi harganya Rp 25 ribu rupiah per kilogram, bahkan pernah anjlok dibawah Rp 10 ribu per kilogram, saat ini harga bawang merah tembus Rp 40 ribu. 

"Saat ini harga bawang merah di tingkat petani Rp 40 ribu/ kg, selama saya bertani menanam bawang merah paling tinggi ini," Ujar Karyanto, salah seorang petani bawang merah di Desa Ngurenrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Rabu (22/6/2022). 

Karyanto menjelaskan, melonjaknya harga bawang merah saat ini disebabkan sedikitnya pasokan bawang merah dipasaran akibat gagal panen karena cuaca buruk. Cuaca yang tidak menentu kadang panas kadang hujan lebat, menyebabkan tanaman bawang merah tidak bisa tumbuh maksimal dan banyak yang terserang penyakit. 

"Cuaca buruk sering turun hujan berdampak terhadap hasil panen petani bawang merah menurun drastis dan banyak yang terserang penyakit, sehingga berdampak terhadap pasokan bawang merah dipasaran yang sedikit dan menyebabkan harga bawang merah naik," jelasnya. 

Meski harganya naik, petani bawang merah di Pati belum sepenuhnya puas. Pasalnya biaya produksi dari mulai tanam, perawatan hingga panen membutuhkan biaya yang mahal. Belum lagi ditambah dengan harga pestisida dan pupuk yang terus mengalami kenaikan membuat ongkos produksi membengkak. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
09:59
01:57
01:51
06:00
02:57
Viral