Jelang Idhul Adha, Ternak Divaksin dan Terus Dalam Monitor Petugas.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Jelang Idhul Adha, Ternak Divaksin Pencegahan PMK dan Terus Dalam Monitor Petugas

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:45 WIB

Jawa Tengah - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK di Jawa Tengah mulai gencar dilakukan. Hal itu seiring bertambahnya pasokan vaksin dari hanya 1.500 dosis menjadi 75 ribu dosis. Pelaksanaan vaksinasi sudah berjalan di beberapa kabupaten/kota. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng, Agus Wariyanto mengatakan bahwa lokasi vaksin yang diterima diprioritaskan bagi hewan ternak rentan yang masih sehat. Seperti sapi perah, sapi potong di fasilitas pembibitan dan betina produktif. 

Ia menyebut, seluruh kabupaten kota di Jateng telah siap menerima lokasi vaksin. Namun demikian, Pemprov Jateng akan tetap melakukan monitoring terhadap kesulitan yang mungkin terjadi di lapangan. 

"Harus benar-benar disiapkan antara lain memilah dan memilih ternak yang betul-betul sehat. Sementara kalau sakit diobati. Agar yang sehat mepunyai kekebalan setelah divaksin," jelasnya.

Sementara itu, pengawasan ternak, kambing, dan kerbau terus dilakukan. Tak hanya petugas kesehatan hewan, tapi juga aparat kepolisian terutama Bhabinkamtibmas yang berada paling dekat dengan masyarakat di pedesaan.  

Seperti di Kecamatan Patean Kendal Jawa Tengah, yang menurut data Dinas Pertanian Pangan setempat kasus PMKnya cukup banyak. 

Bhabinkamtibmas melaksanakan monitoring, pengawasan dan imbauan terhadap peternak sapi terkait kebersihan kandang agar ternaknya bebas dari PMK. Jelang Idhul Adha, Ternak Divaksin dan Terus Dalam Monitor Petugas

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
Viral