Petugas Suntik vaksin PMK terhadap hewan ternak sehat di Salatiga..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Hewan Ternak di Kota Salatiga Mulai Disuntik Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 - 17:34 WIB

SalatigaJawa Tengah - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Salatiga, Jawa Tengah mulai melakukan penyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak sehat di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga.

Henny Mulyani kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Salatiga, mengatakan, Kota Salatiga termasuk satu dari depalan Kota/Kabupaten yang mendapat vaksin darurat.

“Jumlah yang diterima Kota Salatiga sendiri mendapat satu botol untuk seratus ekor sapi. Dosis dalam satu suntikan yakni 2 ml” ujar Henny.

Dipilihnya hewan ternak di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga karena hewan ternak disini dalam kondisi sehat dan termasuk ke dalam zona hijau/bersih.

“Dalam SOP yang disampaikan, ternak yang mendapatkan vaksinasi harus hewan ternak yang sehat,” jelasnya.

Sementara itu Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi mengatakan, vaksin ini merupakan bantuan dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah. Vaksin Aftofor dengan 1 botol berkapasitas 500 mililiter harus berada disuhu 2-8 derajat celcius. 

"Kita mendapatkan 1 botol yang diperuntukkan bagi 100 hewan yang memang kondisi sehat. Langkah awal ini, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Salatiga," ujar Sinoeng. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral